Aplikasi Perekam Layar di HP & PC

Diposting pada

Didalam tipe ponsel terbaru kini sudah memiliki fitur perekaman layar bawaan.

Namun tentunya untuk ponsel yang tidak memiliki fitur ini Anda membutuhkan aplikasi HP Screen Recorder tambahan untuk diunduh terlebih dahulu.

Mungkin Anda juga membutuhkan aplikasi ini jika perekaman kamu ternyata buruk atau tidak menampilkan suara. Fungsi perekam layar tentu saja dapat membantu Anda menghasilkan video yang menarik.

Merekam layar biasanya digunakan untuk merekam percakapan melalui video call atau membuat video, bahkan live streaming yang dilakukan oleh para gamers.

Jadi aplikasi ini akan membantu mengabadikan momen penting yang terjadi di ponsel atau laptop.

Aplikasi tambahan sebagai perekam layar ini bisa digunakan oleh hampir semua ponsel.

Aplikasi Perekam Layar HP

Aplikasi Perekam Layar di HP & PC Gratis
Aplikasi Perekam Layar di HP & PC Gratis

Aplikasi perekam layar pada ponsel kebanyakan masih menampilkan tanda air atau watermark. Bagi sebagian orang, kehadiran watermark ini cukup mengganggu, namun harganya juga cukup mahal jika harus membeli versi premium untuk menghilangkan watermark tersebut.

Namun, ada beberapa aplikasi perekaman layar untuk ponsel Android yang tidak akan menampilkan tanda air meskipun Anda tidak membeli atau melakukan root pada versi premium.

  1. AZ Screen Recorder – No Root

Aplikasi ini merupakan salah satu perekam layar yang paling direkomendasikan untuk ponsel Android.

Bahkan, aplikasi ini juga salah satu yang paling banyak beredar hingga saat ini, karena kualitas video yang dihasilkan sudah tidak diragukan lagi.

Aplikasi ini mampu merekam layar dalam kualitas HD atau FullHD dan Anda dapat menggunakannya untuk jangka waktu yang lama.

  1. RecMe Free Screen Recorder

Aplikasi ini gratis dan tidak memiliki batasan waktu, sehingga Anda dapat menggunakannya selama yang Anda inginkan. RecMe kemudian juga tidak akan menampilkan tanda air pada rekaman video yang dihasilkan. Selain itu, hasil videonya juga berkualitas HD.

Fitur menarik lainnya adalah Anda dapat merekam layar dan audio internal, sehingga Anda dapat menambahkan suara dari luar ponsel.

Misalnya, jika Anda merekam tutorial di ponsel, Anda dapat dengan mudah menambahkan suara Anda secara langsung sebagai panduan tutorial tanpa melalui proses pengeditan lagi.

  1. ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder yang dikenal mampu membuat rekaman dengan kualitas video dan suara yang sangat baik.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi perekam layar ini dari Play Store atau App Store secara gratis.

Fitur ADV cukup luas, misalnya saat merekam, Anda juga dapat melakukan proses pengeditan seperti menambahkan font ke layar.

Kemudian Anda juga dapat menyalakan kamera depan dan belakang selama proses perekaman. Aplikasi ini bisa digunakan tanpa proses root.

  1. Az Screen Recorder – Video Recorder, Livestream

AZ Screen Recorder dapat digunakan di perangkat Android dan iPhone dengan berbagai keunggulan. Salah satunya, aplikasi ini mampu menghasilkan rekaman video dan suara berkualitas tinggi.

Antarmuka pengguna sederhana, ringan dan mudah digunakan, membuatnya sangat nyaman bahkan untuk pemula.

Manfaat lainnya adalah AZ Screen Recorder tidak menampilkan tanda air bawaan, sehingga Anda mendapatkan rekaman video yang bersih dan tidak terputus.

  1. Mobizen

Mobizen dapat menjadi aplikasi untuk merekam layar ponsel Anda dengan hasil video berkualitas tinggi dan juga disertai dengan fungsi pengeditan bawaan sehingga Anda dapat mengedit segera setelah proses perekaman.

Aplikasi perekaman layar ponsel ini juga mendukung fungsi Facecam, sehingga Anda dapat merekam dengan kamera depan untuk menunjukkan reaksi dan suara Anda pada konten layar yang direkam.

Namun, Mobizen masih dapat menampilkan tanda air jika Anda tidak mengaktifkan mode tertentu.

Karena dikemas dengan banyak fitur, ukuran aplikasi ini cukup besar yaitu 20.9MB sehingga kemungkinan besar akan membebani memori RAM ponsel Anda.

Aplikasi ini dapat digunakan pada ponsel dengan setidaknya sistem operasi Android 4.4 atau KitKat dan lebih tinggi.

Aplikasi Perekam Layar PC

Tidak hanya di ponsel, Anda juga bisa merekam layar di laptop atau komputer. Cukup dengan mendownload aplikasi perekam layar dan Anda dapat merekam aktivitas dengan mudah di PC atau laptop dengan hasil berupa video dan suara yang jernih.

Biasanya aplikasi atau software ini digunakan untuk merekam aktivitas game, video call (misalnya Zoom dan Google Meet), live streaming, dan fungsi editing untuk meningkatkan kualitas rekaman.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk perekaman layar di PC.

  1. ScreenFlow

ScreenFlow adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda merekam layar dan mengedit video.

Anda dapat merekam layar dalam kualitas tinggi, lalu mengeditnya dengan fungsi menarik dan membagikannya dengan mudah di platform Anda.

Antarmuka ScreenFlow sangat sederhana dan mudah digunakan, sehingga mudah dipahami, dan aplikasi ini gratis untuk diunduh.

Banyak yang menggunakan ScreenFlow sebagai perekam untuk instruksi tutorial yang dikemas dengan menarik.

  1. Camtasia

Camtasia adalah aplikasi perekaman layar yang dapat digunakan untuk pengguna Windows dan Mac. Jadi untuk menggunakannya Anda memerlukan koneksi internet yang stabil dan akun TechSmith.

Anda dapat menggunakannya untuk rapat dan presentasi kerja, dan memiliki fitur ekstensif yang menambahkan variasi ke video Anda dengan berbagai templat dan prasetel yang dapat disesuaikan untuk semua kebutuhan.

Aplikasi Camtasia mudah digunakan bahkan untuk pemula. Tingkatkan kreativitas Anda dengan menambahkan berbagai efek seperti panah dan sorotan.

Anda bahkan dapat mengubah kursor sehingga pemirsa dapat dengan mudah mengikuti instruksi selama streaming langsung.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur canggih seperti menggunakan layar hijau, menambahkan subtitle, menghilangkan kebisingan latar belakang dalam suara, mengintegrasikan dukungan dengan PowerPoint, dan banyak lagi.

  1. DU Recorder

Aplikasi DU Recorder awalnya populer sebagai aplikasi perekam layar untuk ponsel, namun ternyata aplikasi ini juga bisa Anda gunakan di PC.

DU Recorder menawarkan berbagai fungsi dengan pengoperasian yang sederhana, bahkan untuk merekam hanya dengan satu sentuhan tanpa pengaturan lebih lanjut.

Selain perekaman layar, Anda dapat mengedit video dan streaming langsung dalam satu aplikasi.

Anda memiliki opsi untuk memilih resolusi yang berbeda, fitur Facecam untuk menyalakan kamera depan, menambahkan GIF animasi, dan tersedia dalam 20 bahasa berbeda.

Namun, aplikasi ini masih menampilkan tanda air dalam versi gratisnya.

Jadi, Anda perlu membeli versi premium terlebih dahulu untuk menikmati video yang bebas watermark. Anda dapat menggunakan DU Recorder untuk Windows dan Mac.

  1. OBS Studio

Open Broadcaster Software atau OBS Studio adalah salah satu software perekam layar PC yang direkomendasikan karena tidak menampilkan watermark. Ini open source dan lintas platform sehingga Anda dapat menggunakannya di sistem operasi Windows, Mac, atau Linux.

Selain untuk merekam video, Anda juga dapat melakukan streaming video secara langsung yang disebut juga dengan live streaming, sehingga banyak digunakan oleh para gamers.

Dengan antarmuka pengguna yang sederhana, Anda dapat memanfaatkan beberapa fitur menarik, seperti merekam layar laptop dalam kualitas HD, merekam suara baik secara internal maupun eksternal dengan mikrofon, atau merekam melalui webcam.

Anda dapat mencoba berbagai aplikasi perekam layar HP dan PC dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Namun, sebaiknya pilih aplikasi yang hanya bisa diunduh dari Play Store atau App Store.

Jangan mengunduh aplikasi dari situs web eksternal dan melalui aplikasi pihak ketiga karena ini berisiko menularkan virus yang dapat merusak ponsel Anda.

Nah sekarang sudah tau apa belum sobat tentang Aplikasi Perekam Layar di HP & PC dengan Fitur Terbaik untuk anda dan gratis semoga bermanfaat jangan lupa di share ya !!!